PESAWAT SINAR-X MOBILE



A.    Pengetian Pesawat Sinar-X Mobile
Pesawat Sinar-X mobile adalah salah satu jenis pesawat sinar-x yang dapat dipindah-pindahkan dari ruang pemeriksaan ke ruang lain jika dibutuhkan.

 

B.     Bagian-bagian Pesawat Sinar-X Mobile
1.      Bagian Utama
a.       Tabung Sinar X
Pada tabung sinar-x mobile terdapat komponen-komponen yang sama dengan jenis pesawat sinar-x lain, yaitu dua kutub (anoda dan katoda) dan focussing cup.
Tabung dalam disebut insert tube. Insert tube diselimuti tsbung luar (tube housing). Pada tube housing terdapat window sebagai tempat keluarnya radiasi
b.      Kolimator
Komponen yang terpasang pada jendela tabung yang berfungsi untuk membatasi lapangan penyinaran agar bisa disesuaikan dengan luas objek dan juga sebagai titik sentrasi lapangan penyinaran. Kolimator dilengkapi dua knop untuk membuka dan menutup pembatas dan lampu untuk membantu menentukan lapangan penyinaran.
c.       Panel Kontrol
Komponen untuk mengatur faktor eksposi. Pada panel kontrol biasanya terdapat kV selector untuk mengatur tegangan tabung, mA selector untuk mengatur arus tabung, timer selector untuk mengatur lamanya waktu penyinaran. Indikasi kV, mA, dan focus selector untuk menentukan besar kecilnya fokus.
d.      Handswitch
Tombol yng digunakan untuk me-ready dan mengekspose.
e.       Generator
Catu daya yang menghasilkan tenaga listrik untuk pembangkitan sinar-x.
2.      Bagian tambahan
a.       Lengan penopang untuk memudahkan memposisikan  tabung
b.      Pegangan pengemudi dan roda untuk memudahkan radiografer saat memindahkan pesawat dari ruang satu ke ruang lain
c.       Bok  kaset untuk meletakkan kaset.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "PESAWAT SINAR-X MOBILE"

Posting Komentar

Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver